Cara menganalisa getaran pipa, modal analisis CAESAR II

Dalam pekerjaan anda sebagai engineer pipe stress, sudah tentu anda pernah mendengar istilah “two phase flow” yaitu piping system yang berisi liquid dan gas. sebagai dasar stress analysis kebanyakan organisasi yang kompeten dalam hal ini telah menyarankan engineer untuk menggunakan pipe support yang cocok untuk menahan getaran pada piping system tersebut, seperti menggunakan hold-down, guides ataupun axial stop. alasan utamanya adalah pipa yang memiliki sifat “two phase flow” sangat riskan terhadap getaran. banyak organisasi yang menyarankan untuk menjaga getaran piping tersebut dalam frequensi 4 Hz, untuk mengurangi resiko vibrasi, tapi yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara kita untuk mengetahui getaran alami pada piping system yang complex?

jawabannya adalah dengan menggunakan CAESAR II modul dynamic yang disebut dengan modal analysis module. pekerjaan rumit untuk meng-kalkulasi frekuensi alami pipa menjadi simple dengan modul ini. dalam kasus nyata anda harus membagi-bagi  pipas ystem  yang rumit tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih sederhana, yang mana setiap bagian memiliki respon yang unik terhadap getaran. artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara melakukan modal analisis dengan menggunakan CAESAR II.

 

pertama-tama anda harus memiliki piping system yang ingin anda analisa, sebelum itu anda sudah harus memastikan semua static analysis sudah anda lakukan dengan baik dan benar pada piping system tersebut, anda bisa membuka piping file piping sistem tersebut melalui file isometric-nya atau langsung dari file CII.

Memulai Dynamic analysis di CAESAR II :
Dynamic Modal analysis CAESAR II photo Starting-Dynamic-Module-in-Caesar-II_zps4ccnuypz.jpg

Pilih modal analysis :
Pilih modal analysis di CAESAR II photo Selection-of-Modal-Analysis-in-Dynamic-Module-in-Caesar-II_zpsxtwovzym.jpg

setelah itu anda akan mendapati window seperti berikut ini:
 photo Modal-Analysis-in-Caesar-II_zpsw3j4shkx.jpg

anda akan mendapatkan 4 option tab diatasnya, yaitu lumped masses, snubbers, control parameters dan advance.

click control parameter dan anda akan melihat window seperti ini :
 photo Input-data-for-Dynamic-Modal-Analysis_zpswgtfahgg.jpg

rubah frequensi cut off sesuai kehendak anda atas dasar spesifikasi project. kalau anda diharuskan menjaga semua frekuensi dibawah 5 Hz, maka pilih 5 sebagai nilainya.

selanjutnya anda pilih case static load  mana yang ingin anda ambil sebagai patokan natural frekuensi, biasanya sangat dianjurkan anda mengambil static load yang beserta engan asumsi temperature piping system tersebut ketika telah beroperasi. (static case load yang anda sudah analisis dengan baik dan benar 🙂 tentunya).

sudah semua? nah ok, sekarang anda tinggal click tombol run seperti anda biasa lakukan pada analisa static, analisa ini akan memberikan informasi mengenai semua pipa yang berada dibawah cut off value yang sudah anda berikan sebelumnya, berikut ini adalah tampilan ketika modal analisis ketika di run :
 photo A-Typical-Caesar-run-result-of-modal-analysis_zpsm9f3axot.jpg
setelah analisis selesai, tampilan output akan keluar seperti dibawah ini:

 photo Selection-of-animation-button-during-Modal-Analysis_zpsc467afhv.jpg

anda pilih natural frekuensi kemudian anda click animation untuk melihat simulasi dari vibrasi pipa tersebut sehingga anda dapat mengerti kemungkinan vibrasinya sejauh apa dalam kenyataan dilapangan.

setelah itu anda bisa menimbang dan memutuskan bagian mana yang harus anda tambahkan support, biasanya guide dan line stop support dengan zero gap akan dibutuhkan untuk menahan frekuensi vibrasi, pokoknya tambahkan support dengan baik, kadang hold down support juga diperlukan.

setiap anda memberikan guide ataupun line stop support, sistem pipa akan menjadi lebih kaku dan expansion stress akan meningkat, setiap kali anda menambah / merubah support, anda harus mengulangi lagi analisa static-nya dan memastikan piping system anda sudah aman dari semua masalah baru anda lanjutkan lagi analisa dengan dynamic modul. dan seterusnya..

untuk membeli software Caesar II ini, anda dapat menghubungi kami via email ataupun nomer kami di pojok kanan atas website ini.

diambil dari  : www.whatispiping.com/modal-analysis